Honda pimpin pasar skutik

Honda catat sejarah dengan pimpin pasar skutik

Jakarta – Seiring dengan keberhasilan mempertahankan kepemimpinannya di pasar motor nasional sepanjang lima bulan pertama tahun 2010, PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencatat sejarah baru dengan menorehkan angka penjualan bulanan terbanyak di segmen motor skutik pada bulan Mei.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), total penjualan sepeda motor skuter otomatik alias skutik pada bulan Mei tercatat 271.549 unit. Untuk pertama kalinya, Honda membukukan angka penjualan tertinggi yaitu 136.205 unit. Angka penjualan ini melonjak 124,6% dibandingkan dengan bulan Mei 2009. Produsen lain yang berada di peringkatkedua tercatat hanya menjual 120.995 unit skutik.

Kontribusi terbesar penjualan skutik AHM berasal dari model Honda BeAT yang pada bulan lalu terjual sebanyak 68.245 unit atau naik 114% dibandingkan dengan Mei 2009, diikuti dengan Honda Vario sebanyak 67.960 unit atau melambung 136% dibandingkan dengan Mei 2009. Penjualan skutik Honda ini diharapkan akan tumbuh lebih besar di bulan berikutnya menyusul telah diluncurkannya skutik retro-modern, Honda Scoopy.

Senior General Manager Sales Division PT AHM Sigit Kumala menyatakan meskipun tergolong pemain baru di segmen skutik, Honda telah mampu menunjukkan keunggulannya dalam melakukan penetrasi pasar yang sudah lebih dulu dikuasai pabrikan motor lain. Tingginya penjualan skutik Honda pada bulan lalu mencerminkan adanya penerimaan yang luar biasa terhadap model skutik Honda.

“Kami akan terus berupaya memberikan produk dan layanan yang terbaik ke konsumen, termasuk dengan berupaya mempercepat pengiriman pesanan skutik ke konsumen yang saat ini masih inden sekitar 2 bulan. Dengan komitmen yang tinggi, kami berharap Honda tak hanya jadi rajanya motor bebek tapi juga raja baru skutik,” ujarnya.

Di segmen lain, penjualan Honda pada bulan Mei juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Tipe motor bebek Honda pada bulan lalu terjual sebanyak 168.406 unit atau naik 26,6% dibandingkan dengan Mei 2009 yang hanya 133.047 unit.

Revo Series tercatat sebagai penyumbang terbesar di segmen bebek dengan total penjualan 95.185 unit atau naik 37,3% dibandingkan dengan bulan Mei 2009 yang hanya 69.335 unit. Tipe Supra X tercatat terjual 57.063 unit atau naik 12,6% dan Honda Blade terjual sebanyak 16.158 unit atau naik 23,8% dibandingkan dengan bulan Mei tahun lalu.

“Meskipun pertumbuhan penjualannya tak sebesar skutik, namun secara volume penjualan, tipe bebek masih menjadi penyumbang terbesar penjualan sepeda motor Honda di Indonesia.”

Di segmen sport, Honda juga berhasil membukukan angka penjualan yang cukup signifikan yaitu 13.427 unit yang berasal dari model Mega Pro, Tiger, dan Honda CS1.

pertanyaan, sharing, masukan dll

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: