JANGAN SERING BONGKAR PASANG KARBURATOR

Mengapa Karburator Perlu Di Bongkar?

Tugas utama Karburator adalah mencampur bahan bakar yang berbentuk cairan dengan udara bersih dari luar mesin, dan merubah campuran tersebut menjadi kabut yang selanjutnya disuplay ke dalam mesin (ruang bakar) melalui proses kevakuman dalam intake manifold. Sehingga ketepatan komposisi campuran antara BBM dan udara bersih harus senantiasa tepat dan terjaga.

Namun  hingga saat ini banyak persepsi yang salah kaprah dari sudut pandang kita bahwa carburator harus sering dibongkar agar senantiasa bersih. Dengan kata lain lain bongkar carburator menjadi ritual wajib saat servis sepeda motor kita
Padahal tidak demikian..

Secara teknis,yang dibutuhkan oleh mesin adalah ketepatan campuran antara BBM dengan udara bersih

Jadi apabila tidak ada masalah dengan kebutuhan tersebut, maka jangan sering-sering dibongkar pasang karburator. Mengapa demikian ?

Yang perlu kita perhatikan adalah bahan dasar dari komponen karburator itu sangat lunak, sensitif dan rawan terhadap keausan. Apabila  kita sering bongkar pasang komponennya maka tidak menutup kemungkinan komponennya akan cepat aus, sleg atau doll. Sehingga berakibat pada campuran yang tidak tepat, boros maupun tenaga semakin lama relatif menurun (karena komposisi yang tidak tepat). Apalagi bila pembongkaran dengan menggunakan alat yang tidak presisi.

Nah, alangkah lebih bijaksana apabila kita memperhatikan hal yang lebih penting dari pada hanya sekedar bongkar pasang carburator.

Diantaranya menjaga kebersihan udara yang akan masuk ke dalam karburator itu sendiri, yang dalam hal ini adalah peranan dari ” Filter Udara ” ( element comp carburator).

Filter udara sebagai penyaring udara luar yang akan masuk ke dalam carburator yang selanjutknya ke dalam ruang bakar mesin sepeda motor kita.  Sebersih apapun carburator mesin sepeda motor kita apabila filternya kotor maka tanpa menunggu lama komponen-komponen (slow jet dan main jet) dan lubang-lubang kecil dalam carburator itu sendiri akan kotor lagi ( tersumbat).  Bahkan apabila filter udara tersebut sangat kotor akan timbul proses kevakuman yang berlebihan dalam venturi carburator sehingga konsumsi BBM menjadi sangat boros.

Di samping itu partikel-partikel kotor dari udara luar akan masuk ke dalam ruang bakar mesin dan terselip di antara komponen-komponen mesin yang saling bergesekan sehingga cepat aus. Sebagai contoh keluarnya asap tebal berwarna putih dari knalpot yang disebabkan piston aus kemudian  suara kasar berlebihan yang timbul dari cam shaft (noken as) yang aus, bahkan jika kotoran itu sampai larut ke dalam oli maka akan sangat berbahaya mengingat peran oli adalah zat yang harus merata ke seluruh komponen mesin yang bergesekan.Banyak kerugian yang ditimbulkan dari filter udara yang kotor. Bahkan berdasarkan riset dari para ahli mesin se-dunia menyatakan bahwa  90 % kerusakan mesin ditimbulkan dari kotoran udara luar. Jadi peranan filter udara yang bersih sangat penting diperhatikan.

Sedangkan untuk carburator kita bisa mengantisipasi endapan kotorannya dengan membuang sebagian BBM kotor dalam mangkuknya dengan jalan membuang sedikit melalui skrup pembuangan.

Kemudian yang lebih tepat lagi dengan memberikan “cairan carburator cleaner”  yang disemprotkan ke dalam carburator dengan memanfaatkan kevakuman yang  timbul dari tingginya rpm mesin. Sehingga lebih efektif dan aman.

Jaga kebersihan filter udara, ganti bila diperlukan

Jaga performance busi, ganti bila diperlukan

Ganti Oli secara teratur.

 

Semoga Bermanfaat!

8 Responses to JANGAN SERING BONGKAR PASANG KARBURATOR

  1. surya mengatakan:

    kalo saya sih senang2 aja make revo cw …. bandel, irit tahan banting…. man 1 dari awal samapai sekarang yang engg mau ilang sering seperti blank gasnya ….. knp yah

  2. satria mengatakan:

    Tidak semua mekanik bengkel Resmi Honda AHASS Kendari Sultra memiliki ketelitian dlm bekerja.
    Automatic Cuk karbu motor Honda Vario saya rusak akibat cara bongkar pasang mekanik yg tidak presisi.
    beberapa kali servis rutin di sana sering saya dapati baut bodi ada yg tidak terpasang.
    Mekanik suka memaksa pasang baut pakai tool compresor, padahal baut belum terpasang simetris. akhirx drat mur / bsut jadi dol.
    Suka menyuruh ganti sparepart yg sebenarnya masih dlm kondisi baik. setelah diganti yg baru penyakit yg sama tetap muncul.

  3. Wawan mengatakan:

    Wah komentarnya seru nih.moga aja di bandung bengkelnya bisa diandalkan.ane baru punya abs revo cw 2012.tapi kayaknya ada masalah karburator nih soalnya motor ane sering mogok di kemacetan atau motor suka mati bila belok di gang yang sempit..

    • Rendy mengatakan:

      Setelan gas nya bosQ tinggal di gedein aja

  4. Anonim mengatakan:

    Mohon,maaf lahir batin,,,,,,untuk mekanik honda yg andall serta baik,,,,klo saja mekanik seperti anda mungkin Honda tetap jadi idola masyarakat,Tolong sampaikan semua yg anda sampaikan ke mekanik honda yg lainnya seluruh Indonesia,jangan ada unsur pemanfaatan langganan yg berlebihan,khusus untuk servis jgn karburator bagus di bongkar saran ke pengguna untuk ganti filter udara saja,

  5. Stefen Widokho mengatakan:

    ada rekomendasi servis motor bagus dimedan ga?
    gua biasa servis motor di ahass medan baru, setelah diperhatikan mereka servisnya asal cepat saja. keluhan pasien tidak ditangani dengan maksimal. kalau pengerjaanya lama mereka menolak dan mesti kena tambahan biaya. saya sudah kapok memakai jasa mereka.

  6. Andhie Nova mengatakan:

    kesulitan mendapatkan spare part asli honda begitu nyata (pengalaman saya), seperti misalnya : tali klos (nyari keliling kota medan selama satu minggu), kaca spion (akhirnya didapat setelah delapan hari dibengkel yang berjarak 14,6 km dari bengkel biasa saya service), tangki (tidak ada dibengkel resmi honda dimanapun di kota medan akhirnya saya dapat ”dibengkel lain”?) , as transmisi (as operan gigi/indent selama satu bulan), lampu tangan/sein komplit, ke empat2nya patah (ditanya kebengkel resmi honda katanya persediaan habis,,,,habis atau memang tidak ada?????) akhirnya lampu lampu tersebut saya sambung pake seng hingga sekarang, kalau para petinggi2 HONDA di Jakarta gak percaya temui saya di Medan jangan para petinggi yang di Medan, tanggung…..HONDA punya nama besar dan ternama namun tidak menutup kemungkinan akan memudar, bisa jadi disebabkan pada hal-hal yang saya katakan diatas selain dari banyak hal lainnya,,,,,,banyak hal yang ingin saya tumpahkan di forum ini, tapi sementara itu sajalah dulu….sebagai pemakai motor honda, saya tidak ingin honda memudar bahkan turun drastis imagenya dimata masyarakt Medan…..ingat sampe saat ini motor honda masih jadi pilihan saya (forum ini jadi pilihan akhir saya berkata-kata karena tidak tau lagi harus kemana saya berkata-kata selama ini, mungkin mereka berpikir tutup mata tutup telinga yang penting motor honda “masih” laku.

  7. Andhie Nova mengatakan:

    di Medan dibengkel honda resmi gak pernah mereka mengatakan demikian, kalau kita katakan service ya dibongkar itu karburator, seribu kali kita service ya seribu kali mereka bongkar karburator, kalau penyebab rusak karburator karna sering sering dibuka, ya justru mekanik bengkel honda resmi itu sendiri penyebabnya, apalagi sekarang banyak bengkel resmi honda dengan mekanik masih taraf belajar, saya pemakai honda sejak lama mulai dari honda gl 100 thn 79, gl pro black 92, sekarang tiger 2008 dan revo 110 2010, jadi saya merasakan pahit getir, suka duka, lebih banyak dukanya !!! bila service di bengkel resmi honda, mekanik yg sombong, spare part yang sulit didapat dan sangat2 mahal harganya pake indent segala lagi, ongkos mekanik/harga spare part tidak sama antara bengkel honda satu dengan bengkel honda lainnya padahal mereka sama2 mengklaim bengkel resmi honda, begitu banyak duka yang saya alami bila sudah berhadapan dengan bengkel resmi honda, apakah itu INDACO, bengkel resmi honda show room atau dimanapun bengkel itu berada (di Medan), kesombongan dari para pekerja honda telah begitu memuncak membuat saya muak, memang saya akui hingga saat ini {3-Maret-2013} saya masih memakai Honda Tiger 2008 dan Honda Revo 110 2010, kenapa…? bagi saya : motor honda gak salah (motor benda mati dia gak tau apa-apa) yang salah ya SDMnya

pertanyaan, sharing, masukan dll

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: