Honda Dominasi Semua Segmen Skutik

Honda Dominasi Semua Segmen Skutik
2012-04-30

Jakarta – Kepemimpinan Honda di pasar skutik nasional semakin tak tergoyahkan menyusul keberhasilan PT Astra Honda Motor (AHM) menjawab kebutuhan konsumen di setiap segmen sepeda motor otomatik ini, baik di segmen Low AT maupun High AT.

Berdasarkan data penjualan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), di pasar sepeda motor domestik total penjualan skutik pada Januari-Maret tercatat 1.054.103 unit atau tumbuh 9,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 962.328 unit. Pada kuartal pertama 2012 ini, pangsa pasar Honda di segmen skutik melonjak menjadi 61,6% dari hanya 53,8% pangsa pasar pada periode yang sama tahun lalu.

Di segmen Low AT yang dihuni oleh produk skutik dengan harga di bawah Rp12,5 juta, total penjualan skutik nasional mencapai 463.941 unit atau turun 15,3% dibandingkan dengan periode Januari-Maret tahun 2011 yang sebesar 547.914 unit. Pada periode ini, saat permintaan di segmen Low AT turun, pangsa pasar Honda meningkat tajam 24,4% dari hanya 43,4% pada triwulan pertama 2011 menjadi 67,7% pada periode yang sama tahun 2012. Di segmen ini, mengandalkan Honda BeAT, AHM berhasil menjual 314.263 unit sementara tahun lalu hanya 237.631 unit.

Honda BeAT sendiri dikenal sebagai skutik yang hemat bahan bakar dengan ukuran desain body compact yang sesuai dengan profil tubuh rata-rata masyarakat Indonesia. Di segmen Low AT, Honda BeAT merupakan trendsetter skutik di kalangan remaja dengan mesin 110 cc berpendingin udara yang memiliki fitur keamanan terlengkap seperti standar samping otomatis (Side Stand Switch) di mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila dalam posisi turun dan Brake Lock yang berfungsi untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan. Selain itu juga dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti pengaman kunci bermagnet (Magnetic Key Shutter) dan Autochoke untuk memudahkan menghidupkan mesin tanpa harus menggeser tuas secara manual.

Di segmen High AT yang dihuni oleh produk skutik dengan harga di atas Rp12,5 juta, total penjualan skutik nasional mencapai 590,162 unit atau naik 42% dibandingkan dengan periode Januari-Maret tahun 2011 yang hanya 414.414 unit. Di segmen ini, Honda juga mendominasi dengan pangsa pasar 56,9% setelah berhasil menjual 335,531 unit atau naik 19,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 280.505 unit.

Di segmen ini, AHM menawarkan beberapa model skutik untuk konsumen dengan beragam pilihan harga yiatu Honda Vario Series, Honda Scoopy, Honda Spacy, dan Honda PCX. Model-model skutik Honda ini memiliki keunggulan di kelasnya karena selain hemat bahan bakar dan powerfull, juga memiliki fitur keamanan terlengkap ditambah fitur fungsional terbaik seperti fitur Helm-in pada Honda Spacy dan Honda Vario Techno 125 PGM-FI, yang bermanfaat untuk membawa barang kebutuhan sehari-hari.

Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya menyatakan keunggulan skutik Honda di setiap segmen skutik ini merupakan hasil dari upaya AHM dalam menjawab kebutuhan konsumen terhadap sepeda motor skutik. Selain itu, dukungan segenap jaringan main dealer Honda di setiap wilayah juga menjadi faktor penting dalam mengantarkan Honda menjadi raja motor skutik di Indonesia.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih skutik Honda. Sesuai dengan filosofi One Heart atau Satu Hati, kami berkomitmen untuk selalu mempersembahkan produk dan layanan terbaik agar Honda dapat selalu menemani masyarakat Indonesia dalam mewujudkan mimpi mereka,” ujarnya.

(CCO-2012)

pertanyaan, sharing, masukan dll

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: